RSS

Senin, 06 Desember 2010

Manusia Tertinggi Didunia


SULTAN KOSEN 
ASAL TURKI

Di sebuah situs luar negeri memberitakan bahwa rata-rata tinggi tubuh pria Indonesia adalah 1,58 meter. Sementara menurut BBC, tinggi lelaki Turki adalah 1,7 meter. Namun Sultan Kosen pria asal Turki ini tercatat sebagai pria tertinggi di dunia dengan tinggi badan 247 Pria berusia 26 Tahun ini telah mengalahkan Bao Xishun yang memiliki tinggi 236 cm,  maka sekarang rekornya telah dipecahkan oleh Sultan Kosen, pria asal Turki, yang dicatat dalam Guinness World Records dengan tinggi badan 2,47 meter.

Tak hanya itu, pria asal Turki ini turut memegang rekor dunia atas telapak tangan dan kaki terpanjang. Telapak tangannya mencapai 27.5 cm, sementara kakinya memiliki panjang 36.5 cm.
Di antara saudara-saudaranya, memang hanya Kosen yang memiliki tinggi tidak wajar. Ke-extriman tinggi Kosen muncul ketika ia berusia 10 tahun. Saat itu ia mengidap tumor yang menyebabkan berkembang pesatnya hormon yang dihasilkan dari kelenjar di bawah otaknya.



 Manusia tinggi dan pendek

Setelah tumornya dicabut, badan Kosen pun berhenti tumbuh. akhirnya berakhir setahun yang lalu. Kini ia harus menggunakan tongkat panjang untuk berjalan.
Kosen terkadang bekerja sebagai petani untuk membantu kondisi keluarganya. Sayang, ia terpaksa harus berhenti sekolah sebelum waktunya karena tingginya yang ekstrim itu.
Impian terbesar saya adalah menikah dan memiliki anak. Saya sedang mencari sang kekasih hati,” ujar Kosen.

 Akan tetapi tidak selamanya kondisi super jangkung itu menjadi masalah bagi Kosen. Tinggi badannya memang menjadi halangan ketika ia berhadapan dengan mobil. Namun, dia dengan mudah dapat membantu ibunya untuk mengganti lampu bohlam dan memasang tirai dengan sangat mudah.
“Sultan merupakan sosok yang gentle, pendiam yang tenang dan tidak merasa terganggu dengan ukuran tinggi badannya yang paling tinggi sedunia,”


BAO XISHUN
MANUSIA TERTINGGI DARI CHINA
China kini memang jadi ikon dunia karena di sana segala ada. Mulai dari macam-macam produk berharga miring, hingga hal unik yang tak ada duanya di dunia. Untuk hal terakhir ini, China punya ikon unik, yakni mereka memiliki manusia tertinggi danterpendek di dunia.

Pada buku Guinness Book of Record 2007, manusia tertinggi dunia tercatat berasal dari China yaitu Bao Xishun dengan tinggi 7 kaki 9 inci atau sekitar 2,36 meter. Sedangkan manusia terpendek-juga berasal dari China-bernama He Pingping. Tingginya hanya 2 kaki 4 inci atau sekitar 73 centimeter.


BAO XISHUN
  Bao yang kini beristrikan Xia Shujun ini merupakan penduduk Chi Feng, Mongolia Dalam, China. Pertumbuhan pria yang berprofesi sebagai gembala ini dari kecil sampai usia 16 tahun sebenarnya tergolong normal. Namun, selama tujuh tahun kemudian pertumbuhannya sangat pesat hingga menjulang sampai setinggi dua meter lebih.


Sedangkan He Pingping yang lahir pada Juli 1988 ini berasal dari Mongolia Dalam, China. Menurut ayahnya, ketika lahir He berukuran sangat kecil seperti palem. Pertumbuhannya sangat lambat. Kemudian ia memeriksakan he ke dokter. Menurut dokter penyebabnya adalah kelainan tulang yang disebut dengan osteogenesis imperfecta.

Namun, kini rekor Bao sebagai manusia tertinggi menurut Guinness Book of Record terbaru tahun 2008, sudah terpecahkan. Ia kalah dari Leonid Ivanovyc Stadnyk asal Uni Soviet yang memiliki tinggi 8 kaki lebih 6 inchi atau setinggi 2,59 meter.

Meski begitu, Bao dan He masih merupakan "produk" China yang dianggap sangat unik. Karena itu, selisih tinggi mereka yang sangat ekstrim akan dipertontonkan dalam sejumlah karnaval di China hingga Eropa.


0 komentar:

Poskan Komentar