RSS

Rabu, 17 November 2010

MARS - 3

MARS 500 PROJECT

Mars 500, begitulah nama misi luar angkasa yang diadakan oleh Rusia, China, Prancis dan italia tersebut. Sukarelawan terdiri dari tiga orang Rusia, dua dari Eropa, dan satu berkewarganegaraan China. Misi mars 500 adalah misi dimana manusia akan mencoba untuk dapat bertahan hidup di planet yang pernah digadang-gadang sebagai bumi ke dua, yaitu planet Mars.


Proyek ini sebenarnya sudah dimulai sejak lama, dan kini, proyek mars 500 ini sidah mencapai tahap percobaan simulasi, yaitu dimana 6 awak relawan yang berasal dari 4 negara partisipan ini akan mencoba hidup di ruangan simulasi yang dibuat semirip mungkin dengan keadaan planet mars. mereka akan dikurung selama 520 hari di dalam modul pesawat luar angkasa seluas 180 meter persegi yang terletak di pusat penelitian antariksa di pinggiran kota Moskow. hari pertama simulasi sudah dimulai pada tanggal 3 juni kemarin.


Tujuan percobaan simulasi ini adalah untuk mengetes daya tahan, tingkat kelelahan otot, serta tingkat syamina dan kemampuna tubuh untuk beradaptasi pada kondisi simultan planet mars sebelum akhirnya mereka akan benar-benar diterjunkan ke planet mars. Boris Morukov selalu direktur proyek mengatakan bahwa stimulasi ini adalah salah satu tahap dalam kemajuan teknologi antariksa umat manusia.

Misi Mars- 500 ini merupakan proyek patungan antara IBMP dan European Space Agency (ESA). Misi ini diharapkan akan dapan menciptakan penemuan-penemuan baru serta teknologi terkni untuk menyelidiki keadaan planet mars secara menyeluruh, sehingga nantinya akan bisa ditinggali manusia.


Sebuah bukti baru bahwa kehidupan planet lain atau ruang angkasa memang benar ada mulai terungkap di mana dalam kandungan sebuah batu meteor ditemukan fosil makhluk hidup mikroba. Hal ini terungkap melalui sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan dari NASA saat hendak meneliti kandungan kimia dalam batu meteor tersebut.

dilansir dari Daily Mail, Jumat (27/11) diberitakan penemuan ini memperkokoh keyakinan ilmuwan bahwa terdapat struktur fosil makhluk hidup berbentuk cacing mikrofosil Mars.

Meteor yang mereka teliti masuk dalam katalog Allen Hills (ALH) 84001 yang terjatuh di kawasan salju di Antartika 13.000 tahun silam dan ditemukan pada tahun 1984. Penelitian ini dilakukan melalui mikroskop elektron beresolusi tinggi dimana 13 tahun lalu belum ada.

Para ilmuwan yakin batu itu berasal dari permukaan Planet Mars akibat hantaman asteroid atau komet yang akhirnya mendarat di Bumi melalui ruang angkasa sekitar 16 juta tahun.

0 komentar:

Poskan Komentar