RSS

Selasa, 12 Oktober 2010

SURGA DUBAI

Dubai International Air Port
Inside Air Port


Inside Air Port
Inside Air Port

Inside Air Port

Sheikh Mohamed Bin Rashid Al Maktoum
Mengubah Padang Pasir Menjadi 
 “Hongkong of Middle East”


Siapa sih yang nggak kenal ama Dubai, sebuah negara di Timur Tengah yang memiliki tingkat pendapatan perkapita yang sangat tinggi. Dubai merupakan sentra perdagangan strategis yang menghubungan 3 benua besar, yaitu Eropa, Afrika dan Asia. Tidak hanya dibidang perekonomian, pembangunan infrastruktur di Dubai tidak kalah hebatnya, banyak bangunan eksotik dunia berada di Dubai yang membuat negara ini semakin berkilau di Timur Tengah.
Jauh sebelum Dubai yang kita kenal sekarang, 30 tahun yang lalu Dubai hanyalah negara tandus yang hanya mengandalkan minyak untuk menggerakan perekonomian negaranya. Tahun 1968 merupakan sejarah awal reformasi Dubai, bermula di sebuah perkemahan bangsawan Dubai, bertemulah dua orang bangsawan Arab. Yang satu adalah Sheikh Zayed, penerus tahta Emir Abu Dhabi, dan satu lagi Sheikh Rashid, pangeran penerus tahta Dubai. Pertemuan tersebut membicarakan pembentukan negara Federasi antar kedua pihak tersebut. Maka ketika tahun itu juga terbentuklah Uni Emirat Arab, dengan Sheikh Rashid sebagai Perdana Menteri.
Kejeniusan Sheikh Rashid dalam menentukan kebijakan bagi negaranya sangat mengagumkan, dia dengan cepat melakukan transformasi pemerintahan menuju korporatisasi. Dengan visi awal menjadikan Dubai sebagai daerah pariwisata yang diminati dunia, Sheikh Rashid mengambil langkah-langkah kreatif untuk mewujudkan visinya. Transformasi dilakukan pada masyarakat Dubai dengan menanamkan nilai-nilai tradisi menjadi nilai-nilai yang mendorong pelayanan, keterbukaan dan client statisfaction untuk mewujudkan visi Dubai. Langkah terakhir barulah Sheikh Rashid memodernisasi sektor-sektor usaha seperti infrastruktur, transportasi, dan terus memperbaiki pelayan publik.
Hanya dengan 30 tahun, UEA dan Dubai telah benar-benar berubah. Berkat pemimpin yang kreatif seperti Sheikh Rashid, Dubai yang semula padang pasir yang tandus, kurang air, dan tidak menarik sama sekali, menjadi kawasan investasi milliaran dolar dan tujuan wisata yang diminati seluruh dunia. Hmmmm........!!

DARI PADANG PASIR TANDUS
MENJADI SORGA DUNIA

Dubai adalah 1 dari 7 emirat dan sekarang menjadi kota terpadat di Uni Emirat Arab. Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di jazirah Arab. Dubai dalam waktu kurang dari 20 tahun yang awalnya cuma padang pasir kosong, sekarang jadi kota paling mahal, mewah, megah dan segala yang TER- ada disini…

dubai tahun 1980
Dubai tahun 2010


Hotel TERmewah – BURJ AL ARAB
Di negara lain hotel bintang 5 adalah hotel yang termewah. Lain halnya dengan Burj Al Arab ( dalam bahasa Indonesia ‘Menara Arab’ ) yang diklaim sebagai hotel bintang tujuh. Hotel ini berada di atas pulau buatan seluas 280 meter persegi. Tarif per kamar berkisar AED 5.000 – 20.000 atau setara dengan Rp. 12.500.000 – 50.000.000. Belum termasuk pajak 10% :-d Informasi dari blog sebelah untuk menginap di hotel ini, kita musti pesan minimal 1 bulan sebelumnya. Kalau cuma ingin makan atau ngeteh + ngopi, kita bisa pesen beberapa hari sebelum kedatangan.. bussseeeeett…… Ow iya kalau ni hotel lagi nda penuh, pengunjung diberikan layanan keliling hotel untuk melihat bagaimana bentuk hotel termahal dan termewah di dunia ini.

Hotel ini memiliki 27 lantai dengan ketinggian 321 meter. Pada ketinggian 211 meter, terdapat sebuah heli pad yang pernah disulap menjadi lapangan tenis ketika Andre Agassi melawan Roger Federer dalam pertandingan eksebisi.


Pembangunan hotel berlangsung selama 6 tahun dengan melibatkan 250 designer, 9000 ton baja, 43.000 m² kaca, 12.000 m² granit brazil, 32.000 m² mosaik Itali, dan..dan..15.000 m² 24 carat lembaran emas. Bagian paling bawah dari hotel ini berupa basement yang berada dibawah permukaan laut.


Menara / Gedung TERtinggi + Gedung dengan jumlah lantai TERbanyak + lift TERcepat – BURJ KHALIFA
Burj Khalifa atau dalam bahasa Indonesia nya ‘Menara Khalifa’ . Memiliki ketinggian hingga 828 meter (2.717 kaki) bandingkan dengan tinggi Monas yang hanya 132 meter. Burj Khalifa adalah bangunan TERtinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia dengan. Bukan hanya bangunan TERtinggi, Burj Khalifa juga merupakan bangunan dengan jumlah lantai TERbanyak 160 lantai.

160 lantai tersebut terdiri dari perkantoran, apartemen mewah, restoran dan hotel. Dahulu menara ini bernama Burj Dubai dan kembali direnovasi oleh Sheik Khalifa bin Zayed Al Nahayan bersama disainer Giorgio Armani dengan biaya sebesar $1,5 milyar atau sekitar Rp15 triliun hingga akhirnya diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Rencana lebih lanjut Armani juga akan membangun masjid TERrtinggi dunia di lantai 158 beserta kolam renang di lantai 76.


Satu lagi yang catatan TER yang dimiliki bangunan ini. Burj Khalifa merupakan satu2 bangunan yang memiliki lift TERcepat di dunia, kecepatan liftnya adalah 60km/jam ~ 16.7 m/s, artinya hanya dibutuhkan sekitar 50 detik dari lantai terbawah hingga ke puncak.

Mall TERbesar + akuarium air laut indoor TERbesar – DUBAI MALL
Dubai Mall terdapat dalam Burj Khalifa. Luas bangunannya mencapai 55 hektar dengan luas total sekitar 50x lapangan football. Didalamnya terdapat 1,200 toko dari segala brand lokal maupun internasional.

Disini juga terdapat akuarium air laut TERbesar di dunia dengan panjang 33 meter dengan tinggi 8,3 meter. Akuarium ini berisikan 33.000 biota laut termasuk didalamnya 400 hiu.

Selain gerai toko dan akuarium, didalam Dubai Mall terdapat juga Dubai Ice Rink ( indoor ski seluas lapangan Olimpiade ), Reel Cinemas yang merupakan bioskop TERbesar di Dubai dengan 22 studio, SEGA Republic – indoor Theme Park. Yang tidak kalah cantiknya disini terdapat Oasis Fountain Waterfall yakni, air mancur menari, yang dimulai setiap jam 6 sore.


Hotel TERdalam – HYDROPOLIS UNDERWATER HOTEL AND RESORT
Hydropolis merupakan resort hotel mewah bawah laut pertama didunia. Terletak 66 kaki di bawah permukaan Teluk Persia, lepas pantai Jumeira, Dubai. Dilengkapi dengan beton dan besi, dinding plexiglas dan atap melengkungnya membuat para tamu dapat melihat ikan dan makhluk laut lainnya.

Terbagi menjadi tiga bagian, stasiun darat dimana tamu disambut, terowongan penghubung yang akan membawa tamu menggunakan kereta menuju wilayah utama hotel, dan 220 suite berbentuk gelembung di komplek bawah laut. Luasnya akan mencapai 260 hektar. Hotel ini dianggap sebagai hotel berbintang 10 mengalahkan hotel bintang tujuh dilist awal.




Ski Indoor TERbesar – DUBAI SKI
Dubai Ski diklaim menjadi salah satu resort ski TERbesar di dunia, dengan area ski indoor seluas 22.5o0 meter persegi dengan tinggi 85 meter. Resort ski ini merupakan bagian dari Mall of the Emirates yang merupakan mall TERbesar ketiga didunia dengan 6.000 ton salju.

Setiap hari dibutuhkan 3.500 barel minyak sebagai konsumsi generator listrik guna menstabilkan temperatur -1° sampai -2° Celcius, sementara kalau malam saat produksi salju dimulai suhu resort ini bisa mencapai -6° celcius ( bayangkan saja hamparan salju ditanah gurun… that’s amazing.. but so very wasteful )



Papan Billboard TERtinggi + TERpanjang
Billboard / papan iklan yang berada di DubaiLand ini setinggi gedung 33 lantai dan dapat dilihat dari jarak 1,5 km. Billboard ini berupa susunan layar LED terbesar di dunia yang di kerjakan oleh perusaahan Tammer. Teknologi yang layar LED yang digunakan adalah teknologi terbaru sehingga bangunan yang berada di belakang layar ini tetap mendapatkan sinar matahari yang alami.

Jika Tammer mengerjakan billboard tertinggi di Dubai, ADRAC ( perusahaan periklanan ) membuat papan iklan TERpanjang di dunia dengan panjang1,5 km. Papan iklan ini terdiri dari 450 bagian yang masing-masing berukuran 10 x 2m dan kesemuanya akan dijadikan satu pada papan iklan terpanjang itu. Teknologi yang digunakan oleh ADRAC adalah papan2 tersebut dibuat dengan bahan daur ulang dan bahan biodegradable . Total biaya pembuatan papan ini adalah US$ 3,2 juta yang dibiayai oleh 100 sponsor dimana 40 sponsor yang ada merupakan sponsor utama.





Toko Permen TERbesar – CANDYLICIOUS
Candylicious adalah gerai toko permen yang ada di beberapa negara. Namun gerai terbesarnya ada di Dubai, tepatnya di Dubai Mall.

Gerai dengan luas 3.000 meter persegi ini menyediakan berbagai merek permen dan coklat dari seluruh dunia. Gerai ini didesign dan ditata dengan warna warninya hingga menarik banyak pengunjung.


Kepulau Buatan TERbesar – PALM ISLAND
Palm Islands merupakan kepulauan buatan di Dubai, Emirat Arab dimana infrastruktur perdagangan dan penghunian dibangun. Kepulauan ini menjadi proyek reklamasi tanah terbesar di dunia dan membentuk kepulauan buatan terbesar di dunia. Pulau-pulau itu adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira. Setiap pulau akan berbentuk pohon palem, diatapi sebuah sabit, dan akan memiliki jumlah besar penghunian, kebutuhan dan pusat hiburan. Palm Islands terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai.


Di ketiga pulau tersebut dibangun lebih dari 100 hotel mewah, villa dan apartemen eksklusif tepi pantai,
marina, taman hiburan air, restoran, pusat perbelanjaan, fasilitas olah raga dan spa kesehatan.















Metro Train Underground
Metro Train Underground
Metro Train Underground
Dubai Hydropolis
Dubai Sport City
Rolls Roys Taxi
The Khalifah Tower 850 M.

0 komentar:

Poskan Komentar